Produk Perikanan untuk dapat dipergunakan oleh pembenih, pembudidaya, pelaku usaha dan instansi yang memerlukan serta digunakan untuk pembinaan mutu dalam rangka sertifikasi.

Standar Nasional Indonesia (SNI) Benih udang vaname (Litopenaeus vannamei) kelas benih sebar yang dirumuskan oleh para Panitia Teknis 65-05 Bahwa Produk Perikanan untuk dapat dipergunakan oleh pembudaya,pembenih,bagi pelaku usaha dan lembaga yang memerlukan serta digunakan untuk pembinaan mutu dalam rangka sertifikasi.

SNI dirumuskan selaku usaha meningkatkan jaminan mutu (quality assurance), menilik benih udang vaname banyak diperdagangkan dan sangat berpengaruh terhadap kegiatan budidaya maka dari itu diperlukan persyaratan teknis tertentu.

Perumusan standar yang dilakukan melalui rapat konsensus nasional pada tanggal 19 – 21 Agustus 2004 di Bogor,yang telah dihadiri oleh beberapa unsur dari pemerintah, produsen, konsumen,pembudidaya, perguruan tinggi, lembaga penelitian dan instansi terkait lainnya serta telah memperhatikan: Keputusan Menteri Pertanian No. 26/Kpts/OT.210/1/98 tentang Pedoman Pengembangan Perbenihan Perikanan Nasional.

Benih berkualitas Menghasilkan Udang berkualitas
kualitas benur udang

Ciri benur atau benih udang yang berkualitas

Pastikan benur benih mempunyai bentuk tubuh yang sempurna.seperti Antena benur udang tidak patah, artinya bisa membuka dan menutup. mata mengkilap dan Bentuk tubuh lurus dan langsing.

Kegiatan Pembenihan udang dan Pemeliharaan

Meliputi makanan yang menyehatkan benih/benur
pakan alami 2 golongan, yaitu hewani (zooplankton) dan plankton nabati (fitoplankton). pakat tersebut mengandung serat tinggi yang baik untuk pencernaan udang, khususnya pada tahap pembenihan.

Pengecekan Pertumbuhan Udang

Menggunakan Monitoring pertumbuhan dikerjakan dengan sampling udang saat di kolam menggunakan alat menggunakan jala. seterusnya disortir sesuai ukuran yang seragam kemudian ditimbang dan dihitung jumlahnya.

Menguji Ketahanan Benih Udang

Menguji ketahanan suatu bibit udang yang baik
Dilakukan dengan cara stress test atau uji stres. Uji stres Cara ini bisa dilakukan dengan merendam benih udang kedalam air tawar atau formalin 100 ppm selama 30 menit. Setelah itu, persentase tingkat kematian udang dihitung.