Produktivitas Pembibitan udang vaname memenuhi kebutuhan pembudidaya. Banyaknya Fattening udang vanamei atau di sebut sebut udang berkaki putih justru menjadi semakin meningkatnya tingginya permintaan terhadap benur atau bibit. Umumnya para pembudidaya fattening udang tidak dapat membibitkan sendiri. Pilihan terbaik adalah bekerjasama dengan para ahli Pembibitan karena di anggap lebih maksimal.

Ciri Bibit Udang Vaname Yang Baik

Para pembudiaya berhasil meraup keuntungan besar,semakin lakunya penjualan semakin meningkatnya pula permintaan benih. Usaha budidaya udang memang sebenarya tidak terlalu sulit,apalagi sekarang sudah di dukung dengan peralatan moderen saat ini sehingga Para petani tambak udang sangat terbantu. di samping itu Perawatan atau pemeliharaan benih udang dipegang oleh para ahli pembibitan khusus yang mana benih – benih udang tersebut tetap sehat. Untuk melihat bagaimana Ciri Benih atau bibit udang yang baik sehingga pembesaran udang vaname menjadi maksimal berikut ini 7 ciri – ciri bibit udang vaname berkualitas;

  1. Ukuran bibit udang Seragam

Pilih Bibit dengan ukuran seragam termasuk kategori bibit unggul. karena yang bentuknya berbeda tergolong benih atau bibit udang yang pertumbuhanya tidak normal. jika mengetahui hal tersebut maka wajib di pisahkan atau di keluarkan karena bisa mempengaruhi dampak pertubuhan bibit lainya.

  1. Antena bibit udang Utuh

Bibit udang yang sempurna antenanya utuh alias tidak patah,selain itu atenanya bisa bergerak aktif membuka dan menutup dengan sempurna. karena jika antenanya tidak bergerak maka bibit udang tersebut bisa dipastikan tidak sehat.

  1. Warnanya bibit udang Cerah

Pilih Bibit unggul vaname berwarna cerah dan bening. Jika tidak menemukan warna tersebut maka akan mengalami kesulitan untuk di budiaya. bibit udang vaname juga memiliki tubuh langsing tetapi padat dan bersisi. Jika anda pembudidaya jangan memilih bibit dengan warna kusam atau kotor selain itu juga jangan memilih yang bentuknya membengkok, dan perhatikan kondisi bibit udang vaname,termasuk memperhatikan suplemen atau makanan,karena itu sangat berguna untuk menunjang pertumbuhan udang Vaname.

  1. Bibit udang vaname Aktif Berenang

Kondisi fisik pada bibit vaname. Apabila bibit itu sehat biasanya bibit aktif berenang. Ciri – cirinya keaktifan bibit yang baik adalah saat berenang menantang arus dan lebih terlihat saat anda memutar air, bibit udang tersebut akan menempel di dasar tambak.

  1. Ekor bibit Membuka

Bibit saat di tebar ekornya membuka,karena jika belum membuka sebaiknya di tunggu atau bisa di tundah dulu, anda juga bisa memilih saat pembelian atau saat panen dan bisa di uji beberapa ekor bibit sehingga nanti budiaya udang anda tidak ada kendalah dalam kesehatan udang.

  1. Bebas Penyakit

Pastikan kesehatan Bibit unggul. hal ini sangat pempengaruhi bisnis budidaya udang anda. sebelumnya pastikan kesehatan dengan menggunakan tes PCR. Hasilnya memakan waktu sekitar 5-6 jam. karena uji Tes tersebut akan terlihat jelas penyakit atau virus lain yang terkandung dalam bibit.

  1. Pilih Bibit SNI

Pilih bibit yang sudah lulus uji termasuk bersertifikasi SNI,karena dengan begitu anda tidak akan ada keraguan di dalam melangkah awal bisnis budidaya udang vaname.

Produk Perikanan untuk dapat dipergunakan oleh pembenih, pembudidaya, pelaku usaha dan instansi yang memerlukan serta digunakan untuk pembinaan mutu dalam rangka sertifikasi. Standar Nasional Indonesia (SNI) Benih udang vaname (Litopenaeus vannamei) kelas benih sebar yang dirumuskan oleh para Panitia Teknis 65-05 Bahwa Produk Perikanan untuk dapat dipergunakan oleh pembudidaya,pembenih,bagi pelaku usaha dan lembaga yang memerlukan serta digunakan untuk pembinaan mutu dalam rangka sertifikasi.

3 Langkah Perkawinan Indukan Udang Vanamei

Kolam yang sudah sesuai kebutuhan bibit,lalu perawatan yang baik,untuk proses perkawinan indukan agar bisa menghasilkan benur yang baru. Setelah proses perkawinan indukan, langkah selanjutnya adalah:

  1. Penetasan Telur

Setelah proses Perkawinan antara 1 hingga 2 jam, dimulai penanganan saat yang agar telur-telur bisa menetas dan menjadi benur yang baru. Satu ekor udang vaname betina mampu menghasilkan sampai 1 juta butir telur. telur telur tersebut berada di dekat induknya. Telur akan menetas hingga 16 jam setelah dibuahi.

  1. Pemindahan Ke Kolam Benur

Jika sudah menjadi larva,selanjutnya tunggu beberapa hari mereka akan berubah menjadi benur atau benih udang vaname yang baru. setelah itu pindahkan ke kolam khusus benur. Pembuatan kolam khusus untuk memberikan perawatan yang benar karena Proses pemeliharan benur dan induk udang vaname pasti berbeda jdih di pisahkan.

  1. Perawatan Benur perawatan udang vaname

Yang terakhir proses perawatan dengan tepat untuk benur udang vaname yang baru lahir agar menjadi udang besar atau udang dewasa. Pemeliharaan Perawatan dimulai dengan menjaga kualitas air kolam. udang vaname tergolong udang yang sensitif dalam perubahan kondisi air, untuk selalu terjaga maka air tetap ideal. Cara memberikan pakan secara rutin sesuai dengan kondisinya. Karena masih berumur kurang dari 15 hari, Pakan yang di berikan dengan takaran 15% untuk benur udang vaname. menjaga kualitas air seperti mengganti air kolam secara rutin untuk memastikan tidak ada zat amoniak di dalam air. karena Zat amoniak mempengaruhi kondisi kesehatan benih.

Menjaga agar benur vaname tidak kena hama karena setelah dewasa dan besar akan dipanen dan dikawinkan kembali ( Pembibitan).wajib di ketahui bahwa Pembibitan udang vaname bukanlah hal yang sulit. tetapi, perlu pemantauan dan perawatan yang benar agar udang vaname dapat tumbuh sehat.

Proses pembibitan udang vaname dalam menghasilkan benur yang baik dengan melalui proses yang Panjang. Jika uraian di atas belum melengkapi silahkan kontak kami sebelum anda melakukan budidaya.

Penelusuran terkait; hatchery udang vaname,laporan pembenihan udang vaname,jumlah telur udang vaname,sop pembenihan udang,pemeliharaan induk udang vaname,
pembenihan udang vaname ppt,sarana pembenihan udang vaname,pembenihan udang vaname pdf,

benih udang

Shrimp farming

Banyak spesies benih udang yang berbeda hidup di kolam vernal. Mereka datang dalam banyak warna. Mereka memiliki satu mata. Benih Tubuh udang di amankan atau terlindungu oleh kedua cangkangnya yang membentuk karapas. Karapas tersebut mirip menyerupai biji, sehingga disebut Benih Udang.

01

Shrimp seed size

Di tambak udang dipanen sekitar 160–165 mm (30–35 g). Benih udang yang ditebar (15–20 mm) mencapai ukuran panen ini dalam waktu sekitar 4 bulan dalam salinitas 15–25 ppt.

02

Hatchery Shrimp

Proses dan tempat pembenihan udang untuk mendapatkan benur yang nantinya akan dibudidayakan. Dalam skala yang lebih besar, hatchery ialah prosedur yang di khususkan dikerjakan untuk memberikan fasilitas pada telur-telur yang baru menetas,Hasilnya menghasilkan benih unggulan.

03

Seeds shrimp Farming

Benih Udang biasanya merupakan salah satu krustasea paling melimpah di kolam vernal. Mereka kebanyakan hidup di dasar kolam vernal. Sebagian besar makanan mereka berasal dari zona pertemuan air dengan dasar. Mereka adalah pengumpan filter seperti Fairy Shrimp, Clam Shrimp, dan Water Fleas.